✔ Nrimo | True Story

Apasih nrimo itu, sering kali kita keluarkan dari ekspresi kita kata kata ikhlas, sering kali pula kita dengar kata kata nrimo di pendengaran kita. seolah olah nrimo itu sebuah kalimat tanpa makna. bicara ikhlas
tapi hatinya masih berat, masih nggrundel. dan tampaknya kata nrimo itu ringan untuk diucapkan.

padahal nrimo itu berdasarkan surat Al Ikhlas [1-4] menjelaskan perihal keesaan allah swt. dan nrimo itu sendiri dalam kehidupan kita yaitu klarifikasi perihal segala tingkah laris dan perbuatan kita yang sepenuhnya tergantung kepada keesaan allah swt. insan boleh berencana tetapi allah yang menentukan.

berikut kisahnya: 
tahun kemaren kaka saya berangkat haji ke tanah suci, disana dia menemukan sebuah HP (Hand Phone) yang masih tidak mengecewakan bagus. alasannya yaitu kaka saya kurang ngerti duduk kasus HP dan kebetulan lowbat, maka disimpanlah hp itu hingga pulang ke tanah air, ke kota Sukabumi. sesudah tiba dirumah dan program bongkar bongkar barang bawaan dia gres ingat ada Hp milik orang yang ditemukan. dan kaka saya berpesan pada saya, dik tolong kembalikan hp ini pada pemiliknya, bila tidak ketemu, jual aja dan uangnya bagikan pada fakir miskin. alasannya yaitu waktu menemukan hp tsb, kaka tidak tau harus diserahkan pada siapa, dikembalikan kemana dan milik siapa. alasannya yaitu menemukannya di tanah suci (arab), pikiran kami pun muter, pemiliknya dari negara mana? bahasanya apa?, ngirimnya gimana?. karenanya hp kami charge dan dinyalakan.

alhamdulillah. ternyata hp milik orang indonesia, tertangkap tangan dari bahasa, dan kartu operatornya. kami buka buka (tdk dipasword), foto, sms, dan nomer kontak yang sering dihubungi. dengan niat ikhlas, kami mulai searching satu persatu untuk memilih contact mana yang akan dihubungi. ternyata pemiliknya orang jakarta, dan kebetulan masih satu tempat dengan tempat kerja saya. dan karenanya hp pun dikembalikan dan hingga ketangan pemilihnya.

dalam budi saya setiap perbuatan baik tentu (insya allah) akan mendapat hal yang baik pula dari orang lain, minimal dengan impian berbuat baik diatas, suatu ketika saya juga akan ditolong, atau ketika kehilangan sesuatu barang tersebut sanggup kembali, itu impian saya.

enam bulan dari peristiwa diatas mulailah peristiwa alam menimpa satu, hp milik saya jatuh entah dimana, hp kesayangan yang multifungsi dan semua fitur ada lenyap ditelan bumi. untuk hilangnya hp yang satu ini saya masih sanggup ikhlas. datangnya dari allah dan akan kembali lagi ke allah (diambil).

tetapi satu bulan berselang satu lagi hp cdma saya jatuh dijalan. mulailah hati ini gundah. pikiran tidak nrimo muncul, penjahat penjahat otak mulai memenuhi pikiran kami (setan). bayangkan saja dua hp hilang dalam dua bulan, satu bulan hilang satu, istripun mulai ngomel ngomel.

pikiran kotor sempat mampir dalam benak saya. hp yang ilang di arab saja sanggup pulang tanpa ongkos, lha kok hp saya yang ilang dua duanya gak ada satupun ada yang berusaha untuk mengembalikan. apakah jikalau saya menemukan barang orang lain lagi gak perlu dikembalikan??.

disinilah rasa keikhlasan hati kami diuji, nrimo yang sebetulnya yaitu nrimo yang lillahita’ala, tanpa pamrih, tanpa harapan, tanpa imbalan, nrimo yang alasannya yaitu allah swt. disinilah kami harus kembali menelaah pedoman agama yang kita pelajari, sejauh manakah rasa keikhlasan kita, dan sebarapa jauh kita telah menerapkan rasa keikhlasan ini dalam kehidupan sehari hari.

Belum ada Komentar untuk "✔ Nrimo | True Story"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel