✔ Tips Persoalan Yang Sering Terjadi Pada Proyektor Berikut Cara Mengatasi Nya

TIPS MASALAH YANG SERING TERJADI PADA PROYEKTOR BERIKUT CARA MENGATASI NYA Dalam penggunaan alat atau barang elektronik niscaya banyak terjadi masalah-masalah tertentu ibarat kerusakan atau pun problem lainnya yang sanggup menciptakan kita sebagai pengguna atau pemilik dibentuk kesal. Tentunya kita resah bagaimana cara memperbaikinya, terlebih kita sebagai orang yang tidak mengerti secara spesifik wacana elektronik, dan cara yang paling ideal atau cara terakhir kita yaitu dengan cara SERVICE pada orang yang tentu sudah ahli. Tentu hal tersebut membutuhkan biaya, oleh alasannya yaitu itu kita harus bijak dalam mengunakan barang elektronik yang kita miliki. Dalam bahasan kali ini Admin akan membahas barang elektronik yaitu Proyektor. Untuk menghindari kerusakan pada proyektor maka kita harus pandai-pandai untuk menghindari dan mengatasinya.
 TIPS MASALAH YANG SERING TERJADI PADA PROYEKTOR BERIKUT CARA MENGATASI NYA Dalam pengguna ✔ TIPS MASALAH YANG SERING TERJADI PADA PROYEKTOR BERIKUT CARA MENGATASI NYA
Cara Menghindari dan Mengatasi Masalah yang Sering Terjadi pada Proyektor Kita

1. Proyektor tidak sanggup menyala ketika tombol power kita tekan
Masalah ini sering terjadi pada proyektor yang kita miliki mungkin lantaran penggunaan yang terlalu lama, dan juga jarang dinyalakan atau dihidupkan dalam jangka waktu yang lama. Agar terhindar insiden ibarat itu kita harus merawatnya dengan baik, selalu mengecek atau mencoba menghidupkan jangan hingga hanya dihidupkan waktu diperlukan saja. Dan cara mengatasinya sanggup dengan memastikan kabel dari proyektor terhubung dengan baik, tidak longgar, dan sudah tersambung dengan anutan listrik.

2. Proyektor tidak sanggup merespon sinyal 
Masalah yang kedua ini juga sering terjadi pada proyektor. Maksud dari sinyal tersebut diatas yaitu sinyal cahaya dari proyektor yang keluar atau terlihat di layar sama sekali tidak ada atau tidak adanya gambar yang terlihat. Agar terhindar dari insiden ibarat itu terulang maka kita harus sering mengecek apakah kabel port yang di masukkan sudah benar. Kalau kabel input yang di masukkan itu beda atau salah posisi maka gambar pada layar tidak akan keluar. Kemudian masih problem kabel yaitu kabel VGA juga sudah tersambung dengan kabel VGA komputer atau laptop anda ketika digunakan.

3. Remote control tidak sanggup digunakan atau bekerja
Dalam problem ini seharusnya kita sanggup mengatasi dengan sangat mudah. Yang terperinci yaitu masalahnya yaitu pada baterai remote yang sudah habis atau lemah. Untuk menghindari hal itu terjadi kita harus mempersiapkan baterai tersebut atau setidaknya kita sanggup membeli di toko sekitar daerah tinggal anda.

4. Gambar di komputer tidak keluar semua dilayar proyektor 
Yang dimaksud dalam problem ini yaitu gamabar yang keluar atau terlihat dilayar terpotong atau gambar yang terlihat berkualitas rendah. Maka sebaiknya kita harus menghindari dengan mempersipkan terlebih dulu yaitu dengan cara menonaktifkan layar laptop atau komputer yang anda pakai terutama ketika resulusi proyektor yang kita punya dan digunakan ketika itu 640 x 480.

5. Lampu LED mengalami kerusakan atau berkedip-kedip
Kadang barang yang kita gunakan tidak sesuai yang kita harapkan, salah satu hambatan nya yaitu lampu LED mengalami kerusakan atau berkedip-kedip yaitu kita harus mengatasi dengan cara menjaga berapa lamanya s=proyektor itu kita pakai dan batasnya yaitu 1500 jam hingga 2000 jam perhari. Karena setiap proyektor berbeda-beda entah itu resolusi atau jenis dan merek nya. Jika proyektor berkedip itu biasanya lantaran masa lampu proyektor sudah habis, maka seharusnya kita menggantinya.

6. Tampilan LCD buram
Masalah untuk cuilan LCD ini sangat sensitif dalam proyektor untuk itu kita harus sering membersihkan yang paling penting dan dirawat sebaik mungkin semoga selalu higienis dan tidak menimbulkan masalah. Tetapi biasanya ketika lampu LCD buram itu terjadi lantaran umur lampu sudah memasuki masa habis, untuk itu solusinya dengan menggatinya.

7. Gambar di proyektor mempunyai titik-titik pada layar 
Dalam problem ini terjadi lantaran adanya debu atau partikel lainya yang terdapat di LCD proyektor. Untuk mencegahnya maka proyektor sanggup dimasukin dalam tas atau kembali dimasukan dalam kadus pembungkus aslinya. Dan untuk mengatasinya kita harus membersihkanya, tetapi kalau kita belum hebat dalam hal itu sebaiknya kita meminta sumbangan tenaga ahli, bila tidak malah mengakibatkan kerusakan.

8. Premature shutdown atau nyala sebentar kemudian mati
Biasanya perkara ini yang nyala kemudian mati lagi biasanya terjadi lantaran trouble pada balast atau jalur menuju balasnya maka oleh alasannya yaitu itu sekali lagi perawatan terhadap proyektor sangat peting, lantaran kalau problem itu terjadi lantaran ic regulator lemah. Utuk mengatasi problem yang terjadi ibarat itu maka langkah terahir yang harus dilakukan dengan menganti ic regulator.

9. Fan error
Masalah yang ibarat ini sangat sanggup terjadi lantaran setiap barang buatan insan sanggup rusak, biasanya terjadinya disebabkan oleh propeller fan (inlet dan exhaust) sangat sensitif terhadap udara yang biasanya berdebu. Untuk solusinya kita harus membersihkanya supaya higienis dan normal lagi untuk cara sanggup mencari di google dan jangan mencoba kalau tidak bisa. Karena hal yang lebih baik tidak menambah kerusakanya lagi, harus diservis itu pilihan yang sangat bijak.

10. LCD proyektor yang berubah warna 
Mungkin LCD proyektor yang kita miliki sering berubah warna menjadi tidak terperinci ibarat berubah warna jadi biru, atau merah. Untuk menghindari hal tersebut kita harus merawat dengan baik ibarat daerah penyimpanan yang jauh dari terkena air, dan tentu pemakainya. Jika problem yang terjadi ibarat itu biasanya yang terjadi atau kerusakanya terletak pada :

Pada cuilan konektor kabel VGA LCD proyektor yang mengalami kerusakan. Dan cara mengatasinya yaitu dengan menganti kabel dengan yang gres yang banyak dijual ditoko-toko elektronik dan komputer yang berada disekitar anda.

Kerusakan pada cuilan transistor warna, elco yang menggelembung, rusak di solderan pada board LCD, dan rusak di cuilan blok RGB pada IC warnanya kalau anda bukan ahlinya saya sarannkan untuk membawanya ke daerah service terdekat.

11. Kipas tidak berputar
Masalah ini sangat sesitif kalau kipas hingga tidak biasa berputar lantaran sangat mempengaruhi suhu proyektor itu sendiri menjadi sangat panas. Dan biasanya ini terjadi disebabkan over heat pada cuilan unit egine. Solusinya kalau anda ragu dan memang belum menguasai sebaiknya kami sarankan utuk diservis jangan hingga mencoba-coba kalau memang tidak mempunyai latar belakang pendidikanya.

12. Proyektor mati total
Jika terjadi problem yang ibarat ini jangan panik terlebih dahulu lantaran biasanya problem ini terjadi lantaran kabelnya belum tersambung listrik, sanggup juga ada yang longgar di colokanya, kemudian di ballast atau power suplay, dan juga pada lampu indikatornya. Maka yang harus kita lakukan untuk mengatasinya dengan harus segera membawa ketempat jasa servis.

13. Gambar “fuzzy”
Masalah ini juga sanggup disebut dengan berlebihanya visual dari gambar pada layar. Biasanya ini terjadi lantaran problem pada file yang anda punya, sanggup juga terjadi lantaran masalahnya dengan hook up. Untuk menghindarinya melihat resulusi yang anda punya memang sudah benar atau belum dan juga sanggup membersihkan hook up pada proyektor anda. Sekedar saran kalau memang tidak sanggup membersihkan sendiri sangat disarankan untuk menghubungi jasa sevice.

14. Proyektor redup 
Dalam problem ini kita sering menjumpai banyak sedikitnya proyektor yang kita pakai mengalami keredupan. Dan biasanya penyakit ini disebabkan oleh kita terlalu usang memakainya yang menimbulkan lampu proyektor menurun ataupun sanggup juga udah tua. Maka untuk mencegahnya hal semacam itu terjadi dan menimpa proyektor yang kita miliki kita harus menjaga lamanya pemakaian supaya proyektor yang kita milki tetap baik keaadaanya. Pada umumnya pemakain proyektor hanya 2000 jm atau lebih jadi jangan hingga melebihi batas waktu itu ketika diapakai. Untuk cara yang harus kita lakukan atau atasi dengan menganti lampu proyektor tersebut ketempat servis. Untuk menghindari hal semacam itu terjadi dan nantinya kita yang merugi maka rawatlah proyektor itu dengan baik.

15. VGA input/video input tidak sanggup tampil
Berikutnya problem yang juga sanggup saja terjadi pada proyektor yang kita punya ibarat perkara yang saya sebutkan diatas. Untuk perkara yang ibarat itu biasanya atau hal yang umum terjadi lantaran terjadi kerusakan pada main PCA. untuk problem ini sebaiknya yang anda harus lakuakan, pertama dengan mereset Factory Default pada proyektor yang ada miliki, trus kemudian buat sajian automatic search input, dan selanjutnya eksklusif direstart ulang. Caranya semoga ada tidak kebingungan yaitu dengan googling caranya atau saran yang lebih baik dengan memanggil tukang servis yang hebat dalam bidangnya.

16. Lampu indikator pada Proyektor “standby” atau berkedip
Masalah yang kadang terjadi pada proyektor sangat bermacam-macam dan banyak misal ibarat yang terjadi pada problem lampu indikator mengalami standbay berkedip-kedip trus ketika dinyalakan. Biasanya ini terjadi lantaran filternya kotor, blowernya yang mati, atau juga lantaran powerd boardnya yang mengalami kerusakan. Untuk itu solusinya membersihkan filternya, kemudian dibenerin pada blowernya dan powerd boarnya. Agar lebih efektif saran di panggil tukang servis untuk membenarkanya semoga tidak terjadi atau menambah kerusakan

17. LCD proyektor ada bayangan hitam
Masalah ini sanggup terjadi atau bahkan sering terjadi yaitu ketika proyektor dinyalakan ada muncul bayangan hitam dilayar dan terlihat juga cahaya yang kurang bersih. Hail ini disebabkan lantaran karena kesalahan pemasangan bohlam HID yang semestinya return wirenya terpasang dibawah tetapi terpasang diatas, mungkin hal ini terjadi ketika kita menservis pryokertor kita tapi ada kesalahan pemasangan. Dan untuk mencegah hal ini terjadi sangat disaran kan untuk menentukan daerah servis yang terpercaya, maka untuk mengatasinya dengan membalik dudukan projie ketika pemasangan, kemudian bohlamnya tadi dipasang dengan posisi return wire dibawah yang tadinya di atas dan kesannya sanggup maksimal.

18. Tampilan proyektor bergaris
Dalam problem ini sangat sering terjadi pada proyektor yang akan kita gunakan, biasanya hal ini terjadi disebabkan dengan versi masalahnya ibarat main boardnya, DMD chip dan yang lebih sering terjadi lantaran LCD panelnya sering kemasuakan debu. Untuk itu untung menghindarinya sering memebersihkan projektor atau infokusnya. Untuk itu solusi yang sangat tepat untuk infokusnya dibersihkan, kemudian untuk DMD chipnya dan mainboardnya diservis untuk menghidari yang paling peting tidak terjadi kerusakan yang lainya pada proyektor kita.

19. Proyektor mengalami “over heat”
Masalah ini sanggup terjadi juga pada perangkat elektronik lainya, untuk yang terjadi pada proyektor ini biasanya dikarenakan suhu yang terlalu panas di dalam bodinya, alasannya yaitu umur proyektor yang sudah usang atau juga sanggup terjadi di filternya yang kotor oleh debu. Untuk menghindari semoga tidak terjadi dan terulang untuk filternya sering-sering dibersihkan supaya tidak terjadi problem yang lebih parah lagi.

20.Proyektor berkekuatan tak menentu
Kembali ke permasalahan yang ibarat ini juga terdapat pada proyektor dan juga menjadi problem yang kadang sanggup menciptakan kita pusing. Biasanya hal semacam ini terjadi lantaran disebabkan unit pada lampu tidak terpasang tepat atau arti lainya duduk dari unit lampunya yang tidak tepat. Maka sangat diaajurkan inovasi solusinya yaitu menginstal ulang unit lampu tersebut dan kalau tidak sanggup juga sanggup diganti dengan yang baru, maka semoga hal ini tidak terjadi kita harus kembali lagi merawat dengan baik proyektor kita, semoga ketika kita gunakan tidak ada kendalanya.

21. Lampu proyektor sering kali gampang putus atau mati
Jika salah satu sistem dari proyektor ini tidak berfungsi atau mengalami kerusakan mungkin kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakan. Seperti dalam problem yang terjadi yaitu seringya lampu proyektor yang putus. Kemudian untuk menghidari semoga tidak terjadi hal semacam itu kita harus tau cara menghidupkan dan mematikan dengan cara yang benar atau tidak sembarangan. Untuk saranya gunakan proyektor sewajarnya dan untuk mengatasi lampu yang putus tadi kita harus menggantinya di daerah servis dan sanggup juga berguru sendiri semoga lebih menghemat biaya. Karena kalau lampu itu yang rusak mustahil untuk diperbaiki.

2. Kabel konektor yang tidak berfungsi
Yang tak kalah pentingya dari pengunaan proyektor yaitu kabel atau penghubungnya maka yang harus kita lakukan untuk mrenghidarinya jangan asal untuk memasang dan mencabut kabel tersebut, ketika menyimpan jangan digulung dengan kencang, sebisa mungkin agak longgar. Kemudian untuk mengatasi hal tersebut dianjurkan kalau menggulung semoga mengikuti tumpuan lekukan kabel tersebut dan ketika merapikan untuk disimpan jangan diikat terlalu kencang kemudian simpan ditempat yang kondusif dan terhindar dari air.

23. “Panel keylock” atau lampu LED nyala tapi tidak terdapat gambar pada layar
Mungkin masih banyak problem atau hal yang tidak kita duga yang terjadi pada proyektor yang kita miliki ketika kita memang sangat membutuhkanya. Itu sanggup terjadi lantaran yang paling utama dan yang paling umum biasanya pada lampu yang mengalami kerusakan. Untuk itu semoga insiden ini tidak terjadi pada proyektor kita sanggup memaksimalkan penggunaanya. Dan kemudian utuk sanggup berfungsi ibarat semula kita harus menggantinya dengan lampu yang baru. Jika kita sanggup atau mau mencoba disarankan semoga ada buku atau tata cara pemasanganya semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan. Pilihan yang sangat tepat kita harus membawanya ke jasa servis.

24. Lensa proyektor meleleh
Jangan hingga problem fatal pada proyektor kita terjadi yang menimbulkan kerusakan yg parah dan tidak sanggup digunakan lagi, lantaran sayang sekali kalau proyektor kita yg kita beli dengan harga yang tidaklah murah dan belum tentu semua orang mepunyainya. Seperti yang sering terjadi pada proyektor ketika mengalami kerusakan lensanya yang meleleh ataupun juga sanggup hingga terbakar. Untuk menghindarinya kembali lagi ke cara penggunaan yg sewajarnya dan secukupnya. Maka dalam mengatasi hal semacam itu kita harus menggganti lensa ketempat jasa servis semoga sanggup kembali hidup normal dan tidak mengalami kerusakan parah.

25. “The panel key is locked” atau tombol proyektor terkunci
Pada dasarnya problem yang yang terjadi pada alat elektronik yang kita gunakan ada yang gampang dan ada yang sulit. Cotohnya yang terjadi ketika tombol pada proyektor yang tidak biasa dibuka yang tampaknya sepele tapi ketika kita tidak sanggup mengatasinya akan menjadi sangat sulit. Biasanya itu terjadi lantaran tombol yang ada diproyektor terkunci untuk mengunci proyektor tersebut semoga hanya sanggup dibuka dengan remote control. Dan sangat di anjurkan bagi kita harus mengetahui cara atau bagaimana cara pemecahan masalahnya. Untuk cara mengatasinya yaitu dengan menekan dan menahan tombol sajian di proyektor selama 10 detik, tapi sebelum itu proyektor harus dalam keadaan standby.  

Makara itu yaitu problem umum yang beberapa problem yang sering kita dapati ketika kita mempunyai proyektor. Namun tentunya problem perkara yang admin sampaikan di atas sanggup jadi mempunyai kekhususannya sendiri yang tentunya memerlukan penanganan lebih lanjut. Semoga artikel kami ini sanggup sedikit membantu. Jika berkenan, anda sanggup meninggalkan komentar di bawah untuk kesempurnaan artike ini selanjutnnya. Kami akan sangat menghargainya. terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tips Persoalan Yang Sering Terjadi Pada Proyektor Berikut Cara Mengatasi Nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel